Tuesday, January 31, 2012

preview Serie A giornata 21 parma vs juventus

Setelah menaklukkan Udinese dengan duel sengit yang berakhir 2-1 di Juventus Arena akhir pekan kemarin, Juventus harus melawan tim yang selama ini menjadi batu sandungan, yaitu Parma di Ennio Tardini nanti malam waktu setempat dalam lanjutan serie A giornata ke 21.

Juventus pasti ingin mempertahankan rekor positifnya sejak awal tahun yang hanya kehilangan angka saat imbang melawan Cagliari. Sisanya, mereka memenangkan semua pertandingan baik di lanjutan serie A maupun di Coppa Italia. Lecce, Atalanta, AS Roma dan terakhir Udinese mampu mereka taklukkan.

Selain itu, Juventus juga harus mempertahankan rekor positif tersebut untuk menjaga jarak dengan AC Milan yang hanya terpaut 1 poin di bawah mereka. Apalagi, AC Milan akan menghadapi lawan berat, yaitu Lazio di Olimpico Roma, saat ini Lazio sendiri berada di posisi ke 4. Oleh karena itu, Juventus wajib meraih 3 poin guna menjaga posisi mereka sebagai capolista.

Parma sendiri tidak boleh dianggap enteng, meskipun di pertemuan pertama di Juventus Arena mereka kalah dengan skor telak 1-4, dan peforma mereka masih naik turun sehingga posisi mereka pun tertahan di papan tengah, namun mereka kerap menyulitkan Juventus, musim lalu pun mereka bisa mengalahkan Juventus dengan skor 4-1 di kandang Juventus.

Untuk menghadapi pertandingan ini sendiri, Parma tentunya mengandalkan Sebastian Giovinco. Pemain satu ini selain merupakan playmaker dan pemain andalan dari Parma, dia juga merupakan pemain "buangan" dari Juventus sehingga ingin membuktikan pada mantan klubnya bahwa Juventus melakukan keputusan salah dengan membuangnya. Giovinco sendiri kerap mencetak gol saat melawan Juventus.

Lini belakang Juventus yang digalang Chiellini cs tentunya harus mewaspadai pergerakan Giovinco, karena seringkali permainan Parma tidak berkembang jika Giovinco bisa dihentikan. Namun Juventus juga tidak boleh lengah karena selama ini Juventus malah sering kehilangan poin saat melawan tim-tim papan tengah.

Dalam pertandingan ini, Juventus diperkirakan akan memakai sistem rotasi di mana akhir pekan mereka akan menghadapi Siena dan minggu depan mereka akan menghadapi laga berat melawan AC Milan di San Siro dalam semifinal Coppa Italia. Stephan Lichsteiner yang mengalami sedikit cedera saat lawan Udinese sehingga dia harus digantikan di menit-menit akhir pertandingan diperkirakan akan diistirahatkan. Selain itu, Mirko Vucinic pun masih cedera dan Martin Caceres belum bisa ditampilkan.

Apakah Juventus mampu melanjutkan tren positif mereka dengan mengalahkan Parma di kandangnya? Atau justru Giovinco cs. mampu mencuri poin atau bahkan memberikan kekalahan pertama Juventus musim ini?

Prakiraan formasi

Parma (3-4-2-1) : Mirante ; Zaccardo,Palletta, Lucarelli ; Vailani, Galloppa, Marrone, Gobbi ; Biabiany, Giovinco ; Floccari

Juventus (3-5-2) : Buffon ; Barzagli, Bonucci, Chiellini ; Pepe, Marchisio, Pirlo, Vidal, Giaccherini; Quagliarella, Matri

No comments:

Post a Comment