Saturday, August 11, 2012

Tekuk 9 Pemain Napoli, Juventus Rebut Piala Super Italia

Juventus berhasil merebut gelar pertamanya musim ini dengan menjuarai Piala Super Italia setelah mengalahkan Napoli dengan skor 4-2 setelah melalui babak perpanjangan waktu dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Bird Nest, Beijing, China. Gelar ini sendiri membuktikan bahwa Juventus tetap tangguh walaupun tidak didampingi oleh pelatih mereka, Antonio Conte yang sedang menjalani masa hukuman 10 bulan akibat kasus scommesepoli dan posisinya digantikan sementara oleh Massimo Carrera.

Pertandingan sendiri berjalan keras dan sengit. 15 menit pertama pertandingan, nyaris tidak ada peluang berarti yang diciptakan kedua tim yang memakai pola 3-5-2. Bola banyak bergulir di lapangan tengah. Tembakan Marchisio di menit 15 memanfaatkan kerjasama dengan Asamoah dan Pirlo masih bisa diblok pemain belakang Napoli. Tendangan Hamsik di menit ke 19 pun masih melebar. Hingga akhirnya pada menit ke 26, memanfaatkan gagalnya jebakan offside yang diterapkan oleh Juventus, Cavani menerima bola terobosan dari tengah lapangan dan lolos sendirian hingga tinggal berhadapan dengan Buffon. Meskipun Buffon sempat mematahkan pergerakan Cavani namun bola kembali dikuasai Cavani dan tendangannya berhasil membuat Napoli unggul 1-0.

Tertinggal 1-0, Juventus mencoba menyerang, namun kurangnya fokus lini belakang membuat mereka nyaris kebobolan kembali di menit ke 31 yang berawal dari kesalahan Asamoah dalam melakukan lemparan ke dalam. Bola lemparannya malah mendarat di kaki Cavani dan dioperkan pada Pandev sayang tendangan Pandev masih tepat dalam tangkapan Buffon. Namun di menit ke 37, berawal dari serangan balik, umpan silang Vidal dari sayap kanan dimanfaatkan oleh Asamoah dengan tendangan first time kaki kiri dan menghasilkan gol cantik sekaligus menyamakan kedudukan 1-1. Setelah gol itu, Juventus terus menguasai penguasaan bola, namun Napoli yang bermain efektif dan mengandalkan serangan balik berhasil unggul 2-1 melalui gol Pandev yang memanfaatkan blunder Bonucci. Pandev yang tinggal berhadapan dengan Buffon men-chip bola melewati jangkauan Buffon meskipun Bonucci mencoba menghadangnya. Babak pertama Napoli unggul 2-1.

Babak kedua Juventus memasukkan Vucinic untuk menggantikan Matri yang tidak maksimal di babak pertama. Baru beberapa menit bermain, tendangan Vucinic nyaris saja membobol gawang De Sanctis, sayang masih mengenai mistar gawang. Tendangan bebas Pirlo di menit ke 53 pun masih bisa diblok oleh De Sanctis. Napoli juga sesekali mengancam melalui agresivitas Cavani, sayang 2 peluang yang diperolehnya masih melebar. Di menit ke 57 lagi-lagi Vucinic yang sudah one on one dengan De Sanctis belum bisa menjebol gawang Napoli, tendangannya masih bisa diblok De Sanctis. Juventus terus membombardir Napoli, namun peluang-peluang yang didapat dari tendangan bebas Pirlo maupun tembakan Giovinco masih belum menemui sasaran

Akhirnya di menit ke 70, berawal dari pelanggaran Fernandez terhadap Vucinic di kotak penalti, Juventus mendapatkan penalti dan Vidal berhasil mengeksekusi tendangan penalti untuk menyamakan kedudukan 2-2. Setelah kedudukan 2-2, pertandingan makin memanas, sempat terlihat beberapa kali pemain dari kedua tim bersitegang hingga harus dipisahkan wasit dan puncaknya di menit ke 83, Pandev menerima kartu merah karena dianggap berkata kasar pada hakim garis. Tidak hanya itu, di menit ke 90, Zuniga pun menerima kartu merah setelah menerima akumulasi kartu kuning. Di mana kartu kuning pertama ia dapatkan setelah bersitegang dengan Lichsteiner dan kartu kuning kedua didapat setelah melanggar Giovinco. Melakukan protes berlebihan, pelatih Walter Mazzari pun dikartu merah oleh wasit. Akhir babak kedua skor 2-2 dan pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Babak perpanjangan waktu berjalan kurang seimbang, Napoli yang bermain hanya 9 orang ditambah tanpa Mazzari yang dikartu merah kewalahan menghadapi serangan-serangan Juventus, hingga akhirnya di menit ke 97, berawal dari tendangan bebas Pirlo dari sisi kanan salah diantisipasi oleh Maggio sehingga sundulannya malah merobek gawang sendiri, Juventus berbalik unggul 3-2. Unggul 3-2, Juventus agak menurunkan tempo. Meskipun begitu, Juventus sendiri berhasil menambah gol melalui Vucinic. Berawal dari umpan cantik Asamoah, bola kemudian diteruskan oleh Marchisio pada Vucinic yang berdiri bebas di kotak penalti, tanpa kesulitan berarti, Vucinic mencetak gol untuk membawa Juventus unggul 4-2. Unggul jumlah pemain dan skor membuat Juventus makin menurunkan tempo, Napoli sesekali mencoba menyerang melalui Cavani yang bermain dengan determinasi tinggi, namun karena kalah jumlah pemain, serangan Napoli mudah dipatahkan. Hingga perpanjangan waktu berakhir skor bertahan 4-2 dan Juventus berhasil meraih gelar Piala Super Italia yang mereka persembahkan untuk Antonio Conte yang terkena hukuman 10 bulan.


No comments:

Post a Comment